Berkunjung Ke Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan

Aku ingin menceritakan pengalaman ku bepergian ke Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan. Kami sekelurga Bapak Achmad Royani, Ibu Martina Dewi, Istriku Dian Oktavia, Adikku Tomi Lusanto dan Anakku Jihan Salsabila Ramadhani (enam orang) berangkat pukul 6 pagi tanggal 10 April 2017 dari Kota Metro-Lampung. Tujuan kami ke kabupaten Empat Lawang adalah dalam rangka Presentasi Pekerjaanku sebagai Konsultan dibidang Lingkungan Hidup (Penyusun AMDAL, UKL UPL, Study Kelayakan dll). Pukul 7 pagi mampir di Masjid Istiqlal Bandar jaya Kabupaten Lampung Tengah, sarapan bekal yang dibawa dari rumah.

H.Thohirin -pemrakarsa

Setengah jam kami di Pelataran Masjid, kemudian melanjutkan perjalanan, beberapa kota kami lewati ; kotabumi-Lampung Utara, Bukit Kemuning-Lampung Utara, Baradatu-Kabupaten Way kanan, Martapura, Baturaja, tanjung Enim dan Kabupaten Muara Enim (melewati pintu masuk Air Terjun Bedegung yang sebelumnya pernah kami singgahi) dan Jam 5 Sore kami tiba di Kota Lahat.
sedang presentasi

Tiba di Kota Lahat, anakku ingin makan bakso jadi mampirlah kami ke warung bakso.  Kebetulan setelah makan bakso turun hujan. Selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, disepanjang jalan turun hujan deras. Akhirnya Alhamdulilllah Wa Syukurillah kami sampai di Penginapanan jalan Lintas Tengah Sumatera Kecamatan tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.
Sedang diskusi

Dengan mengendarai Kijang LGX tahun 2002 perjalanan kami dari Kota Metro Ke Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan memakan waktu 15 jam (maklum jalan santai) bensin kami isi 53 liter sehingga Pulang Pergi 106 liter premium.

Pengembalian Dokumen
Pemandangan di Kabupaten Empat Lawang indah-indah lho, pasar tebing tinggi ramai sekali di waktu pagi, penjual sayur mayur, penjual makanan seperti nasi gemuk (di lampung namanya nasi uduk), lontong sayur, pempek juga banyak. Soal harga masih terjangkau dengan kantong tipis he he.

Pemandangan sungai (namanya air musi) indah nian. Kalau di Lampung umumnya airnya keruh tapi di Kabupaten Empat Lawang airnya lebih jernih mungkin pepohonan masih banyak dan sungainya lebih banyak batu-batuan sehingga lebih jernih airnya.

Pose Di halaman Kantor Kabupaten Empat Lawang
Di Depan Kantor Kabupaten Empat Lawang

Senja Hari di Pinggir Air Musi
Sebelum pulang ke Lampung, kami pose-pose di Depan Kantor Kabupaten Empat Lawang.